Saturday, January 24, 2009

Oh Speedy oh Telkom

Telkom..

Satu kata ini selalu membuatku berpikir dan berprasangka buruk. Bukannya kenapa-napa sih, habisnya selama ini aku selalu punya pengalaman buruk dengan produk-produk dari salah satu badan usaha milik negara ini. Not always sih, tapi suerriiing banget merasa kecewa, yaa persentasenya sih bisa sekitar 98 persen. Hahaha,, Itu sih udah mendekati "selalu" kayaknya..

Negara yang menurut UUD-nya mengatakan "segala sesuatu yang menyangkut hajat hidup orang banyak dikuasai negara", harusnya sih bisa mengatur segala kebutuhan rakyat dengan pelayanan yang baik dan memuaskan. Masa orang-orang udah bayar mahal, tapi pelayanannya mengecewakan? Sebagai konsumen, pada umumnya, pasti gak mau dong kalo dikecewakan.

Sering juga baca-baca koran di bagian surat pelanggan yang mengeluh tentang pelayanan telkom, misalnya masalah tarif lah, masalah jaringan lah, dan banyak lainnya. Seperti di kantor yang baru, pas aku baru masuk kerja dua hari, si Bos pasang telkom speedy untuk memudahkan lalu lintas pengiriman emailnya. Tujuannya sih agar tidak menggunakan jaringan telpon ketika tersambung ke internet, sehingga tidak menggangu jalur telpon masuk dan keluar.

Sampai saat ini sudah hampir satu bulan pasang speedy, tapi kok pasti adaaa aja yang gak beres. Entah jaringannya yang gak jelas karena (kata Speedy-nya) ada gangguan, entah modemnya yang gak berfungsi dengan baik, entah petugasnya yang salah seting dan agak sok tau (sekedar catatan, OS di kantor pake OS Chinese Traditional), entah apalah yang lain lagi. Pokoknya dari awal pasang sampai saat ini belum merasa puas aja. Setiap hari adaaa aja asalan untuk telpon 147 itu.

Tadinya tujuan awalnya itu kan biar memudahkan pekerjaan, eeh ternyata malah jadi tiap hari repot. Harus bongkar pasang kabel modem, bolak balik telpon speedy. Cape banget deh jadinya. Ternyata yang dikeluhkan banyak orang di media itu emang udah bener-bener sering banget kejadiannya. Untung juga dirumah kabel telpon dari telkom gak sampe rumah (hari giniii di Jakarta masih ada rumah yang gak dapet kabel telkom?? Sounds really weird, but it happened. Hehe), jadi gak sempet ngalamin soal gangguan telpon (soalnya emang orangnya udah mengalami gangguan. Hehe). Walapun kadang-kadang juga suka bingung kalo lagi butuh telpon, karena gak punya telpon tetap.

Berharap aja kalo BUMN kita bisa memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya untuk rakyat. Rakyat bayar pajak, rakyat juga bayar mahal untuk mendapatkan segala fasilitas umum yang (katanya) dikuasai negara itu. Sebagai konsumen yang udah membayar, yaa butuh timbal balik yang sepadan juga dong. Jangan kalo telat bayar tagihannya, kena denda yang harganya selangit, dua atau tiga bulan nunggak terus diputus atau dicabut dan disuruh pasang baru dengan biaya yang gak bisa dibilang murah, tetapi sampai sekarang pelayanan dari BUMN kok kayaknya gitu-gitu aja gak ada kemajuan yah. Namanya juga berharap, berkeluh kesah dikit sih emangm tapi berharap juga masih belum dilarang kan? ^^

No comments:

Post a Comment