Sunday, October 17, 2010

Ajarkanku Bagaimana Cara Menangis

Apakah ada yang bisa mengajarkan bagaimana caranya menangis?
Kalau iya, maka tolong tunjukkan caranya padaku.

Aku jarang menangis.
Bukan karena aku (yang katanya) adalah cewek mandiri dan perkasa,
Bukan karena itu..
Tapi karena memang sulit untukku.
Sulit sekali..

Aku iri pada sahabat baikku yang bisa mengeluarkan rasa sesak di hatinya dengan menangis.
Berkelahi dengan orang lain, ribut dengan orang tuanya, merasa sakit hati karena orang lain,
Dia bisa langsung menangis..
Mungkin dia dicap cengeng oleh orang lain.
Mungkin iya..
Tapi menurutku itu adalah salah satu cara untuk melepas beban dan sesak di hati.


Hal yang tak bisa kulakukan..

Bagi sebagian laki-laki,
Sebagian, bukan seluruhnya.
Air mata adalah senjata yang ampuh untuk meluluhkan hati mereka.
Makanya banyak perempuan yang menggunakan air mata buaya untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.
Mereka bilang takut kalau sudah melihat perempuan meneteskan air mata.

Yah, setidaknya menunjukkan kalau mereka masih punya hati.
Asal hal itu bukan berlaku sebaliknya,
Laki-laki yang menggunakan air mata buaya untuk mendapatkan apa yang mereka mau.

Sayangnya hal itu tidak berlaku untukku.
Menangis karena sakit hati saja sulit untuk kulakukan,
Apalagi menangis dengan sengaja seperti itu.

Aku hanya bisa merasakan beban di hatiku semakin lama semakin berat.
Rasa sesak yang terus-menerus bertambah,
Bertumpuk menjadi gumpalan rasa yang memakan bahagiaku.

Hari ke hari hidup seperti zombie..
Menjalani rutinitas tanpa merasakan nikmat kesibukan.
Pindah dari satu tempat ke tempat lain,
Pindah dari satu kegiatan ke kegiatan selanjutnya,
Hanya berdasarkan rutinitas, tanpa merasakan dan menyadari apa yang kulakukan.

Adakah dari kalian yang bisa menangis dengan mudahnya?
Menangis seperti mengedipkan mata kalian?

Menangis hanya untuk melepas rasa..
Mengosongkan sesak di hati..

Adakah yang bisa mengajarkanku cara menangis?
Kalau ada, tolong ajarkan padaku bagaimana caranya..



-Lembayung-
17.10.10
17.50-18.08

14 comments:

  1. gimana ya carana nangis..? gw rasa ngga semua orang bisa mengeluarkan perasaanna dengan menangis.. cara orang untuk menunjukkan kesedihan berbeda-beda :) ngga ada yang salah kalo lo ngga bisa nangis *hug*

    ReplyDelete
  2. uum.. gak ada yang salah sih emang. tapi terkadang suka iri sama yang bisa nangis. tp kl terlalu cengeng jg malah jadi sebel. :))

    mungkin harus coba belajar teater ato drama kali ya? ato belajar sama artis shitnetron itu? biar bisa nangis dengan lebay? :))

    ReplyDelete
  3. Iseng mampir neh,he3.

    Soal menangis, itu sebaiknya tidak dibuat2. Karena sangat berbeda sekali antara menangis yang dibuat2 dengan menangis yang sifatnya natural. Klo dibuat2..hanya yg menangis matanya saja, sedangkan hatinya malah tertawa terbahak2. Sedangkan menangis yang natural..bukan hanya matanya saja yang menitikkan air mata, tetapi hatinya juga ikut bersedih. Efeknya juga berbeda sekali baik kepada batin kita, pikiran, jiwa raga, dll.

    Sy juga termasuk orng yg sulit sekali utk menangis. Akan tetapi, cara yg saya lakukan adalah bagaimana saya bs mendapatkan "viewpoint (sudut pandang)". Krn setiap orang memiliki viewpoint yg berbeda dlm menyikapi sesuatu.
    Sekian catatan kecil dr sy.
    By: imanfadllurrahman@ymail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan dibuat-buat sih.. Tapi mungkin melatih untuk melepaskan emosi. Salah satunya bisa dari air mata. Walaupun setiap orang berbeda-beda, tapi menangis itu bisa membantu melepaskan ketegangan. :)

      Delete
  4. nonton filem naruto jg,,, bs kaya e,,,, saya jg susah menangis,,,, selama saya suka sinetron jadi sering terharu, mungkin jikalau sedah terbiasa terharu bisa dengan mudah menangis,,,, tampa ada masalah yang tidak menyenangkan dalam hidup,,,, hehehehehe,,, coba aja....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya nonton sinetron, sayangnya sih malah jadi emosi dan marah-marah karena gregetan sama jalan ceritanya. hihi

      Delete
  5. Kalau saya juga sama sulit untuk menanggis, apalagi masalah patahati tapi ada satu hal yang bisa membuat saya menangis dengan mudah yaitu menggenang kisah rosullulloh. itu sangat mengharukan dan membuat kita seolah kembali kejamannya dan merasakan perjuangannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, hebatnya. Bisa menangis mengenang cerita Rasulullah itu hebat menurut saya. :)

      Delete
  6. hmmm, yang kamu utarakan persis seperti keadaanku saat ini,, ingin sekali melepaskannya dengan air mata!! tapi sungguh berat,, ... ,, sungguh menyesakkan memikul beban yang seperti ini... tetap tak terlepaskan juga.., :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak enak banget ya rasanya? Nyesek tapi gak bisa apa-apa.. :(

      Delete
  7. Caranya?
    Mudah tapi langkah.

    Saat ada masalah, sekali aja kamu mikirin soal kamu g bisa
    nangis, kamu g akan nangis. Bukan berarti kamu harus berpikir kalau kamu bisa nangis. Itu percuma.

    Jangan pikirin masalah nangismu, biarkan saja Tuhan yang menuntun.

    Sdikit kesaksian: Aku termasuk orang yang cengeng banget. suatu ketika aku ngalami masalah yang menurutku berat banget. Sampe2 tiap malam aku nangis n g mau ada hari esok. Tapi setelah kejadian itu, aku tidak bisa menangis bahkan saat aku ngalami hal yg lbh heboh. Aku sudah coba berbagai hal. Tapi yang meningkat malah kemarahanku. Suatu ketika, aku nangis (karna suatu penyebab yang sepele). Kejadian itu tanpa sadar kualami. Aku sangat senang begitu menyadarinya (walau dalam keadaan nangis).

    intinya, nangis yg sesungguhnya g bisa diajarkan. dia g bisa muncul karna kamu mau.

    temenku juga ada yang bilang g bisa nangis sejak lama. tapi nyatanya sekitar sebulan kurang dari dia bilang gitu dia menangis.

    tenang aja, g bakalan ada orang yg g bisa menangis (kecuali dia sudah mati :p).

    nb: maap panjang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan masalah mau sih kayaknya. Kalau mau, ya mau. Tapi tetap gak bisa tuh. Mungkin memang masalah hati aja kayaknya. Terima kasih ya. :)

      Delete
  8. hm, mungkin bisa dengan membaca cerita sedih atau menonton film film sedih, saya mudah menangis saat malam hari saat akn tidur tpi sukar untuk menangs siang hari ataupun saat banyak orang, saya pernah menonton video sedih yang membuat saya menangis tanpa sengaja pada saat siang hari, saya sering menangis malam hari mungkin karna mengingat masalah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesekali karena nonton video atau film memang bisa membuat saya menitikkan air mata. Karena memang jatuhnya tidak direncanakan, dan ketika itu terjadi, saya menikmati setiap tetes air mata yang jatuh. Walaupun nangisnya bukan karena sedih oleh perasaan atau masalah saya pribadi, tapi setelahnya tetap terasa lega.

      Dear Perina, apapun masalah kamu, semoga cepat terselesaikan ya. *peluk*

      Delete