Thursday, August 30, 2012

Sekotak Luka yang Kau Tinggalkan

Kau datang dengan tangan terulur 
Membawa sebuah kotak penuh asa dan janji
Menyuapiku terus dengan asa akan masa depan
Mencekokiku dengan janji manis akan kita
Memberikanku rindu untuk dianyam setiap saat

Sunday, August 19, 2012

Lebaran atau Idul Fitri?

Hari Minggu tanggal 19 Agustus 2012 bertepatan dengan 1 Syawal 1433 Hijriah merupakan hari raya Idul Fitri yang dirayakan oleh seluruh muslim di dunia. Menurut bahasa Eid artinya kembali dan fitri berarti suci, jadi eid fitri berarti kembali ke dalam keadaan suci, bersih dari segala dosa. Arti kayanya kurang lebih seperti yang saya sering dengar, mohon dikoreksi kalau salah. *malas googling*

Idul Fitri juga biasa disebut lebaran dalam bahasa Indonesia merupakan hari kemenangan bagi umat Islam. Kemenangan bagi seluruh umat Islam? Eits, nanti dulu.. Kamu yakin kamu menang? Menang dari apa? Gak semua orang benar-benar memaknai dan menjalankan ibadah Ramadan. Gak semua orang juga kembali ke fitrahnya, kembali ke suci. Puasa dan solat aja belum tentu. Terus yang puasa sudah benar-benar menjalankan 'puasa' dengan menahan segala nafsu? Atau puasa, tapi puasanya cuma menahan lapar dan haus tanpa mendapat segala hikmah dari puasa?

Friday, August 17, 2012

Dirgahayu Lewat Sebulan


Sebulan sudah lewat dari hari ulang tahunku. Dan kebetulan hari ini juga merupakan hari kemerdekaan Indonesia. Selama satu bulan kemarin ternyata banyak sekali yang terjadi. Dari hal yang membuatku bahagia sampai hal yang membuatku semakin jatuh terpuruk. Semua ada, lengkap!

Banyak hal juga yang sudah kupelajari selama naik turun fase hidupku dalam waktu satu bulan ini. Satu bulan yang ternyata cepat, namun ketika kemarin dijalani rasanya lamaaaaa sekali. Patah hati dan merindukan orang yang tidak bisa kau gapai memang membuat waktu berjalan terasa sangat lambat.

Salah satunya, aku belajar mencintai dan belajar merelakan. Kehilangan sesuatu yang sangat berharga dalam hidupmu itu ternyata memang menyakitkan, apalagi kalau kamu masih belum rela untuk melepasnya. Ikhlas. Salah satu ilmu yang paling sulit diterapkan dalam hidup itu menurutku ilmu ikhlas. Ada yang bilang jangan terlalu terikat pada sesuatu kalau tidak mau merasa sakit karena kehilangan. Apalagi rasa kehilangan itu belum tentu berlaku dua arah, urusan hati. 

Thursday, August 16, 2012

Sudahkan Kamu Tes HIV?



Sudahkan kamu tes HIV? ~ @suksmaratri

Belakangan ini di twitter, seorang perempuan bernama Suksmaratri, lagi rajin ngetwit soal sosialisasi dan kesadaran masyarakat soal HIV/AIDS. Yang dia bahas juga bukan hal yang rumit atau mungkin terlalu tinggi untuk orang awam, baru sekedar gimana caranya supaya bahasan tentang HIV/AIDS ini bukan menjadi hal yang tabu di masyarakat. Sekedar diskusi santai di tempat umum atau tempat nongkrong anak muda gaul macam seven eleven juga bisa, yang penting masyarakat terbiasa mendengar lalu nanti memiliki kesadaran untuk memeriksakan diri, misalnya. Hal ini berguna untuk membangun bahasan positif dan sukur-sukur mengurangi atau bahkan menghapus stigma negatif tentang HIV/AIDS dan ODHA (Orang dengan HIV AIDS).

Biasanya ya, topik-topik dengan bahasan "berat' macam ini, sejenis dengan Lupus, kanker, atau penyakit dengan label 'penyakit ganas' ini jarang yang tertarik untuk membahas, kecuali bersentuhan dengan lingkungan atau orang yang mengidap. Istilah yang tepat apa ya? Mengalami, menderita, mengidap? "Mengidap" mungkin lebih tepat ya? Yang terjadi padaku sih begitu, sampai pada akhirnya tertarik dengan isu seputar penyakit Lupus ya karena kakakku adalah seorang Odapus (Orang dengan Lupus). Nah, untuk peduli dan tau lebih banyak topik lainnya semisal HIV/AIDS ini gak perlu nunggu orang terdekat atau diri sendiri menjadi pengidap kan? Jangan sampai deh. :)

Tuesday, August 14, 2012

I miss Us..




Dear You, do you know how much I miss you? 
I miss You..
...I miss Us..
  ...I need You..
    ...and I need Us..

Monday, August 6, 2012

Sorry, You're Not Wanted Anymore..

You're not wanted anymore.

Being left. Unwanted.

Rasanya ditinggalkan itu sangat menyakitkan. Apalagi ditinggalkan oleh orang yang sangat kamu sayang, dan kamu teramat sangat membutuhkan kehadirannya pada saat itu. Seseorang yang pernah berjanji akan menolongmu keluar dari kegelapan, seseorang yang juga sangat kamu harapkan dapat menemanimu di saat terburukmu. Tapi ternyata pada saat itu kamu.. ditinggalkan begitu saja..

Mungkin ini balasan untukmu ya? Entah di mana di waktu yang mana, mungkin kamu pernah memperlakukan orang lain seperti ini. Mungkin. Mungkin karena kamu juga menjadi seseorang yang tidak peduli pada orang lain. Maybe you're just simply ignorant, so karma is coming back to you. Sekarang karmanya sudah kembali padamu, semoga ini bisa membayar karma burukmu pada orang lain. Dan semoga kamu bisa introspeksi dan memperbaiki dirimu sendiri.

Kamu merasa dunia tidak adil. Dia tidak adil padamu. Kamu menyalahkannya karena meninggalkanmu pada saat kamu terpuruk. Akan tetapi kamu juga tidak bisa menyalahkannya karena kamu terlalu menyayanginya. Di saat kamu selalu berada di sisinya dan mendukungnya apapun yang terjadi padanya, ternyata ketika terjadi hal yang sebaliknya dia tidak dapat melakukan hal yang sama. Kamu cuma bisa merasa teramat sedih. Rasanya seperti dadamu terdapat sebuah rongga besar yang hitam, yang menelan semua rasa bahagiamu. Kamu merasa kosong seakan-akan sebagian dirimu dicabut dengan paksa dari dirimu.