Monday, November 24, 2014

#CoffeeTalk with Starbucks Reserve



Hari Senin tanggal 11 November 2014 ini saya diundang #CoffeeTalk bersama @SbuxIndonesia. #CoffeeTalk bersama Starbucks kali ini diadakan di Starbucks Reserve Grand Indonesia dalam rangka nyobain mesin barunya, Clover. Apa sih Starbucks Reserve? Kenapa dengan mesin Clover ini? Apa istimewanya Starbucks Reserve dan apa hubungannya sama Clover?

Nah, untuk yang belum tahu apa sih Starbucks Reserve itu mungkin bisa langsung tanya mention @SbuxIndonesia. #lah Jadi Starbucks Reserve ini adalah semacam gerai khusus yang menyediakan kopi terbaik dunia yang jenisnya langka dan selama persediaan masih ada. Maksudnya adalah kopi yang ada di sini belum tentu akan ada stok lagi kalau sudah habis. Jadi jenis kopi yang sedang ada di stok menu belum tentu nanti akan distok kembali ketika sudah habis.


Starbucks Reserve ini memiliki tiga syarat, yaitu rare, exotic, dan exquisite. Rare, jenis yang masuk menu yang akan disajikan adalah jenis yang memang langka dan belum tentu di tahun berikutnya akan ada produksi lagi, kalaupun seandainya ada lagi pun rasanya belum tentu akan sama. Exotic, ada rasa dan karakter yang khas dari setiap jenis biji kopinya. Exquisite, dimulai dari proses penanaman kopi sampai ke proses panen dan siap diseduh dan disajikan ke penikmat kopi.

Starbucks Reserve Coffees Menu

Ngomong-ngomong soal Clover, mesin ini tidak dapat ditemui di tempat lain selain Starbucks dan hanya dipakai di Starbucks Reserve yang hanya ada satu di masing-masing negara. Dan lokasi Starbucks Reserve di Indonesia adalah di Grand Indonesia West Mall. Perbedaan Clover dengan mesin espresso biasa adalah mesin ini sudah ada setingan parameternya sendiri sesuai dengan kopi apa yang akan dibuat dan memang khusus untuk menyeduh kopi di Reserve.


Clover, the Starbucks Reserve Machine

Ohiya, coffee tasting ini ada caranya lho. Jadi gak asal minum kopi saja. Salah satu faktor penting dalam cofee tasting adalah food pairing. Makanan pendampingnya kali ini adalah Cinnamon Roll. Caranya gigit dan kunyah dulu makanan pendampingnya, tahan lalu teguk kopinya.


Jadi, saya sendiri baru tahu kalau ada gerai khusus dari starbucks seperti Starbucks Reserve ini. Untuk pecinta kopi yang memang suka memburu kopi jenis khusus dan langka sepertinya harus coba mengunjungi gerai Starbucks Reserve yang ada di Grand Indonesia ini. Interiornya sebenarnya lebih seperti coffee bar, jadi penikmat kopi duduk bisa berinteraksi langsung dengan baristanya serta melihat langsung cara pembuatannya. Untuk metode yang penyeduhan juga bisa memilih antara penyeduhan menggunakan Clover atau pour over. Kalau kepengen ngobrol-ngobrol dan punya banyak pertanyaan seputar kopi bisa banget langsung ditanyakan kepada para barista yang bertugas. So, choose your brew method and just enjoy the coffee! ;)


No comments:

Post a Comment