Thursday, October 27, 2016

Piknik ke Vida Festival Bekasi 2016





Senang-senang dan #BahagiadiBekasi pas akhir pekan? Kenapa enggak?

Yah, walaupun hitungannya lumayan jauh ke sananya ya. Harus bikin paspor dan visa di Kedubes Bekasi terus keluar planet naik pesawat luar angkasa dulu gitu. Hahaha Abis ini saya ditoyor sama orang Bekasi deh. Padahal di Bekasi banyak tempat-tempat seru yang bisa dikunjungi, kunjungan kali ini ke Vida Festival 2016 misalnya.

Sabtu (22/10) kemarin saya dan teman-teman rame-rame seru-seruan ke sana, berangkat pagi dari FX naik Elf istimewa ku duduk di muka pak kusir di bangku deretan depan. Perjalanan pun gak terasa membosankan karena selama di mobil semua penumpang rusuh rame banget becanda-becanda dan foto-foto, sehingga gak terasa tau-tau udah sampe aja di Bekasi.

Sampe di lokasi acara, kami disambut oleh mbak Fiki yang langsung ngasih info rangkaian acara #Vidafest 2016 yang mau kita ikutin. Ihiy! Pas kami sampe sih waktunya pas makan siang ya, jadi kami langsung diarahkan ke Little Talk Coffee.

Mau makan aja lama, foto-foto macam gini dulu. Hih!

Menu makan siang: nasi goreng dan spaghetti

Di sini adalah tempat makan siang sekaligus tempat diselenggarakannya rangkaian talkshow dan workshop yang ada di Vida Fest. Little Talk Coffee ini adalah kedai kopi yang konsepnya merupakan hasil kolaborasi antara Sciencewerk (brand identity), House the House (desain interior), dan Yellow Truck Coffee (makanan dan minuman). Di sini selain bisa jadi tempat duduk-duduk ngopi lucu sambil kerja, juga bisa dipakai untuk talkshow, diskusi, film screening, acara komunitas, dan acara kreatif lainnya.


Little Talk Coffee

Ohiya, Vida Festival ini merupakan acara tahunan yang diadakan oleh Vida Bekasi dan berlokasi di kawasan InSitu – Bumiwedari, Vida Bekasi, Jawa Barat. Vida Bekasi ini adalah sebuah kawasan terpadu seluas 130 Ha yang dikembangkan oleh Gunas Land di Narogong, Bekasi. Gak cuma rumah tempat tinggal, di sini ada fasilitas olahraga, lahan kebun organik yang dikelola oleh Farm4Life, dan juga ada pengolahan limbahnya sendiri.


Ketemu salah satu petani di sini lagi bawa troli mau ambil pupuk!



Vida Bekasi ini terbagi dua distrik, yaitu distrik Bumiwedari dan distrik Bumipala. Wilayah distrik Bumiwedari kira-kira dari pintu masuk utama dan kawasan InSitu yang jadi lokasi Vidafest 2016; sedangkan distrik Bumipala adalah area perumahan, tempat pengolahan limbah sampah, dan lahan kebun organik yang dikelola Farm4Life.

 
Tempat pengolahan limbah 

Kalo tema Vidafest 2016 ini mengambil tema 'Angin', yang merupakan tema pertama dari rangkaian tema Vidafest. Seru nih! Karena inspirasinya diambil dari empat elemen alam, yaitu: udara, air, bumi dan api. Dari tema ini melahirkan kegiatan yang merepresentasikan dinamisnya elemen udara seperti festival layang-layang, instalasi kincir angin, dan atraksi drone race. Gak cuma itu, masih ada kegiatan lain seperti atraksi mural, talkshow, kelas kreatif anak-anak, organic cooking demo, atraksi skateboard, hingga pertunjukan musik. Banyak ya? Dengernya aja udah ngerasa bakalan seru banget!

Mas Sandi di booth Mustahil Media

Tenda luar yang terdapat mural dan komunitas skateboard

Terus selain itu, karena VidaFest 2016 saya jadi tau kalo di Bekasi banyak komunitas yang menarik. Beberapa komunitas yang ikut serta, mengisi workshop, dan membuka stand di Vidafest 2016 adalah Kedubes Bekasi, Artherapy Movement, Genus Organik, Bekasi Tugu Skateboarder, Taman Baca Umi, Farm4Life, Bekasi Berkebun, Javara, Waste4Change dan Binus Center.




Suasana di dalam tenda yang berisikan panggung musik dan juga booth milik komunitas


Javara, salah satu brand yang menjual produk organik


Beberapa workshop/talkshow yang kami ikuti adalah Coffee Cupping dari Yellow Truk Coffee, ada juga obrolan mengenai tanaman organik dari Farm4Life, dan sesi dari Binus Center. Tadinya sempat tertarik ikutan Latte Art juga, tapi sayangnya gak keburu karena kami diajak jalan-jalan melihat bagian lain Vida Bekasi dan belum kembali ke InSitu ketika sesi Latte Art dimulai.




Nyobain Pastamastah rasa rendang. Potongan dagingnya royal banget!



Coffee Cupping


Pembicara dari Yellow Truck Coffee, Mas Samuel, menjelaskan gimana proses coffee cupping atau mencicipi kopi. Dimulai dari pemilihan jenis kopinya, proses sangrai dan penggilingan, sampai ke cara mencicip kopi. Saya sih cuma nyimak dan cuma mencoba dua jenis kopi saja. Saya suka kopi, tapi bukan penggemar berat, jadi cuma foto-foto dan menonton antusiasme teman-teman ajaa..



Menu cake dan kopi yang sudah siap untuk dicicipi


Aa kasep lagi serius nyobain kopi


Farm4Life

Pada sesi ini ngomongin soal gimana Farm4Life mengolah kebun organik dan juga macam-macam tanaman organik yang ada di Vida. Bawa contoh bunga-bunga yang bisa dimakan juga lho! Saya cuma sempat nyobain bunga telang dikit. Rasanya, lumayan lucu juga.



Minuman pepaya yang dijual di booth Farm4Life

Binus Center

Di sesi ini, perwakilan dari Binus Center ngomongin alat-alat dengan teknologi yang canggih, contoh yang diberikan adalah alat-alat dengan merk Xiaomi yang juga memiliki ekosistem sendiri karena bisa terhubung satu sama lain. Jadi Xiaomi itu sebenarnya gak cuma mengeluarkan HP dan action cam aja, tapi banyak barang-barang lainnya yang terpakai untuk rumah tangga sehari-hari. Contoh yang dibawa itu adalah timbangan, MiBand, alat tensimeter, dan CCTV.



Nyobain tensimeter Xiaomi

Jalan-jalan ke wilayah Bumipala

Habis makan siang dan workshop, kami diajak naik odong-odong jalan-jalan ke wilayah Bumipala untuk liat-liat fasilitas olahraga dan juga kebun organik yang letaknya berseberangan. Karena tempatnya kece banget, habis liat kolam renang malah pada sibuk pose foto-foto di situ.



Sibuk foto-fotoooo..

Abang-abang yang pada sibuk

Dadah-dadaaaah mau pulaaang


Terima kasih sudah mengajak saya ke Vida Festival Bekasi, acaranya seru dan pulangnya senang banget! Semoga tahun depan saya berkesempatan diajak ke Vida Fest lagi yaa..



7 comments:

  1. Keren banget emang. Kantongku sampe bolong krn belanja produk komunitas di sana hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku jajannya dari farm4life doang kayaknya, penasaran. Sampe beli bibit bunga juga. Hahaha

      Delete
  2. aku pengen ngerasain nyemilin bunga... :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya aku masih punya nih bunga telang, mau? :))

      Delete
  3. Mmeori speaker odong-odong gimanaaa
    Eh liat postingan ini aku jadi pengen mamam pastanya lagi huwaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. AHIYA, lupaaa.. Saking sibuk ketawa pas naik odong2 kayaknya.

      Delete
  4. Ternyata lokasi Vida Bekasi keren

    ReplyDelete