Monday, November 7, 2016

[Hair Review] Current Obsession: Orange!



Jadi sekitar hampir tiga mingguan ini rambut saya warnanya oranye! Hasil di rambut entah oranye apa ya namanya?.. Soalnya warna di dalam dan di luar ruangan pas kena sinar matahari jadinya akan beda, terus pas difoto dan aslinya pun beda. Kalo warna rambut kaya gini untuk orang-orang Barat sih masuknya warna merah, redhead atau ginger hairHayati jadi bingung kan. Yang jelas, saya masih suka melihat warna rambut saya yang sekarang ini. Umm, walaupun sebenarnya nunggu warnanya agak luntur jadi agak pastel gitu, tapi kayaknya masih akan lama banget.

Eh, sebenarnya warna rambut yang diwarnai ketika kena spektrum warna yang berbeda itu hasilnya di mata pasti akan beda sih. *munyer* Waktu rambut saya ungu pun jenis ungunya beda-beda ketika kena cahaya yang berbeda, misalnya cahaya lampu putih atau kuning dan juga sewaktu kena cahaya matahari. Gimana ngomongnya ya? Gitu deh pokoknya. Haha



Warna sebelum, sesudah diwarnai oranye tapi di dalam ruangan dan luar ruangan.

Sebelum rambut saya diwarnai oranye ini warnanya adalah ijo mint/turquiose gitu. Pakai catnya yang temporer, jadi bertahan paling lama sekitar 3 bulan, itupun sudah memudar karena luntur. Terus sekitar seminggu sebelum diwarnai oranye sih sudah sempet bleaching sekali, tapi level warnanya gak naik banyak, cuma naik 2 level jadi sekitar level 4-5 lah. Pun pake acara salah ambil warna rambut setelah bleaching. Niatnya mau toning dikit biar warnanya gak terlalu brassy, ternyata salah ambil cat warna terus jadi dusty pink gitu ujungnya. Tadinya agak bingung mau nunggu luntur dulu atau langsung tiban oranye aja. Tapi setelah browsing soal teori warna, pink yang dicampur sama oranye hasil warnanya masih akan di spektrum oranye. Bedanya mungkin bisa jadi pastel macam warna salmon atau koral, tergantung tingkat gelap terangnya warna.


Tampak belakang


Yang ini ceritanya kemarin iseng-iseng dandan grunge, inspirasi saya Shirley Manson vokalisnya Garbage. Mirip gak? Enggak ya? :|

Cat oranye kali ini saya pakai cat rambut dari L'Oréal Hair Color yang seri Nuancelle, varian warna Mandarin Orange. Seri cat L'Oréal Nuancelle ini sering dibilang digunakan untuk melaminating rambut atau hair manicure supaya rambut kamu mengkilat. Dan emang sih, setelah saya pakai, hasilnya cukup bikin rambut saya mengkilat dan bersinar, setidaknya dibanding sebelum pewarnaan. Cat ini kayaknya sih semi permanen atau malah mungkin permanen, soalnya rambut saya luntur cuma sekitar 1 minggu pertama atau sekitar 2-3 kali keramas aja. Saat ini sudah beberapa kali keramas dan sudah kena 1 kali creambath, warnanya masih cukup terang dan masih baik-baik aja.


Cat yang saya beli kemasannya oranye, tapi kemasan yang banyak saya lihat di OLshop sih berwarna hijau. Entah apa bedanya...


Ini hasil googling untuk varian warna L'Oréal Nuancelle. Warna kemasan yang banyak di pasaran kayaknya yang macam warna hijau ini juga deh.


Cara pakai cat L'Oréall Nuancelle ini mudah tidak perlu dicampur dengan developer lagi, langsung dipakai ke rambut seperti kalau memakai cat rambut vegan. Kalau lihat gambar di bawah, warna oranye di tubenya terang menyala, kaya warna jeruk. Warna dan tekstur cairannya sendiri mirip sirup gitu, agak sedikit transparan, bukan warna susu. Model cat tanpa developer ini lebih praktis dan gak repot karena gak perlu beli cairan tambahan dan gak harus menghitung rasio takaran cat dan cairan developer. Karena rambut saya tipis, kayaknya kemarin saya cuma pakai sekitar 50ml deh. Saya pakaikan langsung pake tangan seperti layaknya memakai kondisioner atau shampo. Btw, bleaching rambut pun saya lakukan sendiri lho. Kalau liat postingan saya yang di sini, mungkin kamu tau dikit-dikit kalo saya itu gak pernah ke salon, apa-apa saya lakukan sendiri di rumah.


Kalau hasil cari-cari di situs luar yang jualan L'Oréal Nuancelle ini, cara pakainya:

  1. Cuci rambut dengan shampo dan keringkan dengan handuk
  2. Aplikasikan Nuancele hair manicure sesuai sebanyak yang dibutuhkan atau diinginkan.
  3. Kalau bisa, selesaikan proses pengaplikasian dalam 10 menit.
  4. Setelah selesai pengaplikasikan warna, biarkan 15-25 menit pada rambut, tutup dengan hair cap plastik.
  5. Bilas dengan air hangat lalu cuci rambut dengan shampo yang khusus untuk rambut yang diwarnai.

Kalo saya sih kemarin kebetulan gak pake cara ini, karena di rumah cuma ada air dingin dan malas masak air lagi. Kalo untuk lamanya cat rambut saya diamkan sih, kayaknya ada sekitar 45-60 menit baru saya bilas dengan shampo. Cukup aman karena dia mengandung bahan alami, cuma hasilnya jadi oranye banget sih. Kalau menurut deskripsi produk yang saya temukan di Ebay, L'Oréal Professionnel Nuancelle ini dilengkapi dengan Botanical Extracts yang mengandung ekstrak teh hijau, jeruk, hibiskus, dan mawar, yang juga memiliki efek memulihkan kerusakan rambut dan kulit kepala selama proses pewarnaan. Jadi selain mewarnai, rambut kamu juga jadi sehat.

Ohiya, kalo kamu liat di gambar contoh varian warna itu kan ada varian warna Clear yang warnanya putih mengkilat itu ya. Keliatan? Nah, itu bukan bleaching ataupun untuk mewarnai rambut kamu supaya jadi putih macam pirang platinum gitu. Tapiii, itu untuk dipakai sebagai hair manicure tanpa pewarna alias bening. Setidaknya sih itu info yang saya dapat setelah gugling ke sana ke sini. Harusnya sih kalo rambut kamu berwarna hitam (atau warna apapun) tapi terlihat kusam, dan pengen dapat warna yang mengkilat sehat, kamu bisa pakai varian Clear tanpa harus diwarnai hitam (atau yang sesuai dengan warna rambut kamu saat itu). Nanti coba nanti kamu pastikan aja sama hair stylist atau salon langganan kamu supaya lebih jelasya, siapa tau saya salah.

Penampakannya sih udah agak lusuh, bahasa pada kemasan juga tertulis dengan bahasa Jepang

Awalnya saya beli ini karena iseng aja mau coba, kebetulan pas ada salon yang cuci gudang menghabiskan stok barangnya karena sudah tutup. Saya beli pun gak penuh, masih ada sekitar setengah tube, masih lumayan banyak dan dengan harga 50 ribu sajaaah. Untuk harga satu tube penuh 150ml itu harganya kisaran 150-250 ribuan di OLshop. Lumayan sebenarnya, gak terlalu mahal. Harga cat rambut vegan macam Manic Panic atau Pravana pun ada di kisaran segitu tapi dengan isi yang lebih sedikit.

Untuk yang biasa beli cat rambut kotakan mungkin kurang familiar dengan seri cat ini, tapi untuk yang biasa mewarnai rambut sendiri (ataupun ke salon) dengan warna-warna fashion mungkin sudah biasa dengan nama L'Oréal Nuancelle. Mungkin ya, atau malah kamu belum pernah dengar? Belinya memang agak susah, karena gak dijual sebebas dan semudah cat rambut kotakan yang lebih praktis itu. Selain itu, info produk L'Oréal Nuancelle ini emang susaaah banget. Saya gugling dan cari-cari aja dapat informasinya dikit banget. Buat kamu yang penasaran pengen coba, mungkin bisa coba cari di suplier alat-alat salon atau di OLshop yang biasa jual cat rambut.


Setelah melihat hasil L'Oréal Nuancelle ini, saya langsung sukaaa banget! Kemungkinan akan coba beli lagi warna lainnya. Iya, nabung duluuu!


Repurchase? Yes! Mungkin akan coba ungu, merah, biru, hijau, clear, dan warna-warna fashion lainnya.

Kalo kamu suka mewarnai rambut? Biasanya suka warna apa dan pakai cat rambut merk apa?





Produk : L'Oréal Nuancelle Botanical Hair Color Manicure (semi permanen)

Tipe rambut : Semua jenis rambut/cocok untuk rambut normal dan rusak
Volume : 150ml (5.29oz)
Dibuat Oleh : L'Oréal
IG: @LorealProID
Twitter: @LorealProID
Website: http://www.loreal.co.id/



*Update: Postingan ini saya tambahkan lagi sedikit isinya supaya informasi tentang produk dan cara pakai lebih jelas


6 comments:

  1. Aku tetep mau pink. Atau hijau biru

    Ungu lagi ga ya #labilternyata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua aja! Tinggal pilih yang mana yang mau duluan. Hohoo

      Delete
  2. Bagus sih warnanya, tapi aku lebih suka kalo ada nuansa gradasi dari bagian akar. Itu aku siiih yaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ya maunya gitu, tapi kemaren udah gak pengen bleaching lagi. Kasian rambutnya. .___.

      Delete
  3. Mba itu oranye nta keluar banget ya, apa krn pernah cat/bleaching? Kl rambut yg blum pernah diwarna apa tetep bs 'jadi'warnanya? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rambut aku sih sebelum dicat oranye ini emang sempat bleaching dulu, walaupun sempat ditimpa warna pink sih. Kalo gak di- bleaching kayaknya warnanya gak akan keluar deh. Kalo tetap maksa ditiban, paling cuma shimmering pas kena cahaya aja, tapi gak akan jadi warna oranye gitu. Karena untuk masuk ke warna-warna fashion, mau gak mau harus bleaching ya.

      Delete