Thursday, November 24, 2016

[Product Review] KA'FEN Restore Treatment: Perawatan untuk Rambut Kering dan Rusak





Halooo!

Kesempatan kali ini, saya mau cerita dan review produk shampoo dari Taiwan yang namanya KA'FEN Restore Series. Yang mau saya review dari seri ini sih sebenarnya bukan shampoo-nya, tapi Ka'fen Restore Treatment yang dipakai setelah shampoo, deep conditioner lah. Belum pernah dengar merk ini? Oke, ceritanya akan panjang, jadi silakan lanjut sambil duduk manis ya!

Seperti yang kamu tahu, kalau belakangan ini rambut saya banyak terkena bahan-bahan kimia karena diwarnai. Walaupun cat rambut yang saya pakai cukup aman karena mengandung bahan yang alami (cat rambut vegan), tapi proses bleaching-nya enggak. Jadi rambut saya rusak dan kering banget karena kena proses bleaching, bahkan sempat mengalami hair porosity atau porositas rambut.

Apa tuh?

Porosity atau porositas itu mengacu kepada seberapa baik rambut dapat menyerap dan menahan kelembaban; hal itu dipengaruhi oleh seberapa fleksibel layer rambut terluar, yang menentukan air dan minyak keluar masuk rambut. Jadi biasanya kalo kamu habis bleaching rambut rasanya rapuh kaya kapas kemudian ketika masih basah rambut terasa lembab banget dan gak kering-kering, siapa tahu rambut kamu mengalami porositas. Kalau saya sih, perawatan yang saya lakukan kemarin dengan maskeran pakai minyak kelapa selama setiap hari selama 5-7 hari.


"Moisture-controlling dan mempercepat pertumbuhan rambut lebat dan panjang dalam 3x keramas"

Iya gitu? Hanya dalam 3 kali keramas? Buat saya yang gak terlalu memperhatikan produk pencuci rambut kayaknya masih kurang yakin. Soalnya selama ini, walaupun sempat tren, memang gak pernah pakai (dan tidak merasa butuh) untuk menggunakan pencuci rambut atau kondisioner yang harganya di atas 100 ribu gitu. Saya biasa pakai produk warung (atau minimarket) yang sesuai kebutuhan dan cukup ramah di kantong. Itu juga kayaknya karena emang sebelumnya sih cuek dan gak peduli sama beberapa jenis perawatan diri sendiri sih.

Setelah rambut saya mulai diwarnai dan mengalami perbedaan (baca: kerusakan) yang cukup besar dari virgin hair (rambut perawan yang belum pernah diwarnai) sampai akhirnya rambut saya keriiing banget karena sempat 'fried' alias garing terbakar gara-gara bleaching, baru deh saya mulai memperhatikan gimana caranya mengembalikan kondisi rambut supaya tetap halus dan gak kasar kaya sapu ijuk. Kan sedih ya, warna rambut sudah bagus, tapi ketika dipegang helaiannya kering kaya ijuk. Gimana rambut mau diusap-usap sama pacar kan? Soalnya kalau mewarnai dengan warna fashion itu kan mau gak mau harus bleaching di atas level 5 biar masuk warnanya, udah gitu mudah luntur pula. Jadi rambut kering itu emang resiko banget. Saya yakin masalah ini juga dialami sama kamu yang suka mewarnai rambut, ya gak?



Ka'fen Restore Treatment


Saya sudah mencoba berbagai cara untuk mengurangi kerusakan rambut saya. Dari mencoba kondisioner, masker, serum, sampai minyak alami seperti minyak kelapa dan minyak zaitun. Cukup membantu asal kamu rajin dan telaten. Kondisi rambut saya pun sudah agak mendingan, setelah pewarnaan terakhir saya jadi oranye. Tapi kayaknya prosesnya banyak ya? Sama kaya 10 steps Korean Skincare yang banyak banget itu. Buat kamu yang sibuk biasanya suka males sih, karena gak ada waktu.

Baca-baca di situsnya, KA'FEN ini ternyata merupakan best seller shampoo di Taiwan, yang 
tidak hanya melembutkan dari luar tapi juga memberikan Nutrisi dari dalam. Cocok untuk segala jenis rambut dan memperbaiki rambut yang rusak. Banyak artis sana yang pake produk ini. Katanya sih karena KA'FEN memproduksi produk perawatan rambut yang tidak mengandung dimethicone (semacam minyak silikon). Banyak produsen shampoo yang menggunakan dimethicone ini karena melapisi rambut dan membuatnya berkilau dengan cepat. 


Tampak depan dan belakang botol produk. Petunjuk pemakaian dalam bahasa Mandarin!


Jadi, hasil baca-baca di google, dimethicone ini apabila dipakai di kulit, kulit kepala terutama, akan dapat membuat kulit iritasi. Bukannya masuk ke dalam kulit dan menutrisi rambut dari dalam, dimethicone ini malahan akan membuat semacam lapisan 'plastik' di kulit kepala, yang dapat membuat bakteri, sebum, dan kotoran terperangkap di kulit kepala. Lapisan itu juga yang mencegah kulit berkeringat dan membuang kulit mati. Bahkan katanya pemakaian jangka panjang juga dapat menyebabkan kanker. Jangan-jangan ini yang terjadi sama kulit kepala saya? Tempo hari sempat didiagnosa waktu perawatan ke salon kalau kulit kepala saya berketombe basah karena ada lapisan putih yang menutupi kulit kepala. Dan itu rasanya gataaaal sekali kalau kena panas dan keringetan..


Botol pumping yang memudahkan pengambilan produk


Setelah akhirnya Ka'fen Restore Treatment yang dikirim oleh Clozette Indonesia ini mendarat di rumah sekitar 2 minggu yang lalu, saya cuma sempat keramas rambut seadanya karena saya pulang udah malem bangeet. Keramas semi-semi kering gitu, gak banjur sampe basah banget. Penasaran pengen coba tapi takut masuk angin karena sudah malam. Hahaha Awalnya saya pikir saya dapat produk shampoo, ternyata bukan. Desain botolnya agak membingungkan sih, kelihatannya sama semua, apalagi saya baru dengar merk Ka'fen baru-baru ini.


Cara pakai Ka'fen Restore Treatment:
  1. Setelah keramas, tuang produk di tangan dan aplikasikan ke batang dan ujung rambut (hindari kulit kepala).
  2. Biarkan selama 15-20 menit (Ini menurut situs Ka'fen SG, kalau di petunjuk belakang shampoo sih katanya 3-5 menit) 
  3. Bilas dengan air sampai bersih.


Selama sekitar dua minggu (4-5 kali keramas) saya pakai Ka'fen Restore Treatment ini, yang langsung terasa sih helaian rambut saya jadi lebih lembut, gatal di kepala masih, dan rambut terasa lebih bouncy dan gak lepek. Untuk soal ketebalan sih belum terlalu terlihat bedanya kecuali terasa lebih tebal karena helaiannya gak lepek ya. Mungkin akan terlihat kalau saya sudah menghabiskan satu botol KA'FEN Restore Treatment ini. 

Macam-macam seri Ka'fen Hair Care

Selama saya pakai produk KA'FEN ini saya gak pakai shampoo dan masker (kecuali hair mist karena saya sering aktivitas di luar ruangan) karena pengen tahu gimana perbedaan dan khasiatnya. Iya, keramas gak pake shampoo karena awalnya saya pikir ini shampoo. Silly me.. Hahaha Walaupun cuma pakai ini aja, rambut saya terasa bersih aja tuh. So far, saya suka banget sama hasilnya dan sejauh ini Ka'fen jadi produk favorit saya, wanginya pun enaaak banget. Tertarik untuk cobain tapi bingung belinya di mana? Kamu bisa langsung ke situs KA'FEN INDONESIA untuk melihat produk deskripsi sekaligus membeli produk-produknya


Tekstur Ka'fen Restore Treatment ini creamy dan kental

Ohiya, masih hasil googling nih, Ka'fen Restore Series yang saya coba ini ternyata katanya mengandung snail essence. Kelihatan kan gambarnya semacam ada rumah siput? Ekstrak siput ini emang lagi ngetren dipakai sebagai salah satu bahan untuk skin (and hair) care. Jadi snail essence ini memang bermanfaat untuk memulihkan kerusakan rambut (dan kulit). Walaupun dibilang ada snail essence, tapi gak beneran pakai esktrak siput, cuma terinspirasi untuk membuat essence yang fungsinya sama persis. 

Harga Kafen Restore Series

Untuk seri Restore ini sendiri diformulasikan dengan molekul air dari living-proof, PolyfluoroEster, untuk mengembalikan lapisan pelindung pada rambut kering atau rusak dan mengurangi porositas rambut hingga 90%. Ka'fen seri ini aman untuk rambut yang diwarnai atau yang terkena proses kimia lainnya, selain itu dapat mengurangi kekusutan rambut, dan juga memulihkan kerusakan rambut.

Buat kamu yang rambutnya mengalami kerusakan, kering, ataupun porositas karena diwarnai, mungkin kamu bisa coba shampoo ini dan rasakan sendiri perbedaannya. RECOMMENDED BANGET!


Pros:
Wanginya enak!
Tidak mengandung dimethicone
Mengandung snail essence
Rambut jadi halus dalam 1 kali pemakaian

Cons:
Sebetulnya gak ada cons yang berarti karena poduknya bagus dan saya suka. Tapi mungkin bagi (kantong) sebagian orang bisa jadi cons. Harga 190 ribu ukuran 250ml. Lumayan, lebih mahal dari produk drugstore/warung. But worthed it!


Rambut Hagrid saya selama pemakaian 2 minggu, mengembang dan gak lepek!


Repurchase? Tunggu habis satu botol dulu untuk benar-benar tahu khasiatnya. Tapi kemungkinan sih saya rela nabung untuk beli lagi Ka'fen Restore Treatment ini. Mungkin akan cobain shampoo-nya.



Terima kasih Clozette Indonesia yang sudah mengirimi saya KA'FEN Restore Treatment ini. Saya sukaaa banget kondisioner-nya! xoxo








Produk          : KA'FEN Restore Treatment
Tipe rambut : kering dan/atau rusak
Cocok untuk : Masalah kerontokan, mempercepat pertumbuhan rambut, deep-conditioning
Volume         : 250ml
IG                : @KA’FENSHAMPOO_ID
Situs            : http://kafenindonesia.com/

10 comments:

  1. Wah... rambutku masih perawan berarti. belum pernah di lurusin, di keriting, dan di warnai...

    anyway, dimethicone banyak di produk skincare juga loh... skrg kerjaan ku "ngezoom" ingridients nya produk2 skincare sebelum di beli...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sama! Hahaha Kalo skin care biasa rata-rata masih banyak yag pake paraben daripada dimethicone kan ya?..

      Tapi aku masih bandel sih, habis tergantung kantong juga kadang-kadang. Ahahahaha Tapi makin ke sini sih mulai selektif, mulai berusaha pakai produk yang cruelty-free juga. Semoga kantong ikut mendukung yes? :))

      Delete
  2. Eh Jeng ini kan kamu sempet pake sebagai shampoo ya? Kena kulit kepala bikin berminyak gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, setelah 2 minggu pake aku baru sadar kalo ini sebenarnya kondisioner dan bukan sampo. Atuhlah! Berminyak sih enggak kayaknya, lepek juga enggak. Karena aku sering di luar, biasanya rambutku gampang lepek keringetan.

      Kupake jadi pengganti sampo aja sekalian apa ya? :|

      Delete
    2. Haha apa udah terbiaza makanya mau dijadiin sampo✌✌✌pizz

      Delete
  3. Kaaa ini shampoo apa condi? Apa ada paketan treatmentnya shampoo condi ama serum? Ehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini jatuhnya sih kondi, soalnya dipakai setelah shampoo, deep nourishing banget. Dan Ka'fen seri Restore ini ada shampoo-nya juga, cuma yang aku cobain kondi. Malah awalnya aku pikir ini shampoo dong karena bingung. :))))

      Delete
  4. ajeng warnain ombrenya di salon mana dan pakai apa? Mauuu... tapi biru...

    ReplyDelete
  5. Aku bleaching dan ngewarnain rambut sendiri, Mbak tikaa. Soalnya lebih murah. Ahahahaa

    Biru lucuuk! Kemaren aku abis strand test warna biru. Soalnya males bleaching lagii..

    ReplyDelete