Wednesday, November 22, 2017

Tangkal Kolesterol dengan Waspada Perilaku Sedentari


Tinggal di Jakarta di zaman yang serba instan ini saya ngerasa banget apa-apa dimudahkan. Saking mudahnya, ngerasa juga semakin hari saya semakin menjadi pemalas. Untuk soal transportasi sih dimudahkan banget, apalagi kondisi saya yang agak encok ini. Mau ke mana-mana terbantu dengan ojek dan gak usah berdiri naik angkutan umum kalau lagi kambuh sakitnya. Mau beli makan pas hujan atau pas malas keluar? Ada jasa pengiriman resmi dari toko makanannya ataupun dari gojek. Semua dimudahkan. Alhamdulillah.

Alhamdulillah juga jadi makin mager buat yang udah malas. Buat yang awalnya gak malas-malas amat? Ih, sadar gak sadar jadi ketularan lho. Coba dipikirin, dalam sehari berapa lama jalan kaki? Olahraga atau sekadar banyak gerak untuk beberes rumah dalam sehari ada gak? Belanja online? Siapa yang sekarang apa-apa ngandalin aplikasi online untuk melakukan hampir semua hal penting?


*angkat tangan perlahan-lahan*

Tau gak, gaya hidup kaya gitu namanya apa? Namanya sedentari! Dan saya, secara gak sadar menjalani gaya hidup seperti itu. Untuk jalan ke warung aja malas eh. Dan emang karena saya ada backpain juga, jadi lebih malah jalan kaki karena kakinya sakit.

Tau sedentari dari mana?

Apa sih yang dimaksud dengan gaya hidup pasif? Perilaku pasif atau sedentary behavior adalah aktivitas yang tidak meningkatkan kebutuhan energi melampaui level istirahat, sehingga energi yang dikeluarkan dari dalam tubuh berjumlah kecil. Kuncinya ada di kata 'pasif, minim gerak, dan lebih banyak diam' tuh.

Nah, saya tuh baru tau dan ngeh kata sedentari ini karena datang ke acara Indonesia Tangkal Kolesterol dan Gerakan Jantung Sehat bersama Nutrive Benecol akhir bulan Oktober. Sebelumnya, saya sudah diwanti-wanti untuk puasa selama 10-12 jam. Soalnya ternyataaa di acara tersebut ada cek kolesterol!

Waktu diambil darahnya untuk dicek kadar kolesterol

Ngukur tensi darah nih!


Saya sendiri jujur aja gak tau kolesterol saya ada di angka berapa karena udah lamaaaa banget gak pernah tes. Kemarin itu hasilnya adalah kolesterol saya di angka 205, sedikit di atas jumlah maksimum yang normal. Untuk kadar kolesterol yang normal itu ada di angka 180-200. Alhamdulillah cuma lebih dikit! Hahaha

Kata dokter Noni, dokter yang meriksa saya kemarin, hasilnya sih cukup baik, kadar kolesterol masih cukup aman. CUMAA... trigliseridanya tinggi. Iya eh, lagi gendut-gendutnya. Katanya nanti kurangi karbohidrat dan pola makannya diatur lagi supaya trigliseridanya turun, dan jangan lupa olahraga. Olahraga itu termasuk yang paling penting, karena badan bergerak. Gak perlu olahraga estrem berjam-jam dalam seminggu, cukup 10-20 menit aja juga gak papa. Yang penting rutin dilakukan setiap hari dan jadi kebiasaan baik.


Bareng temen-temen yang ikutan datang ke acara Indonesia Tangkal Kolesterol


Resiko Perilaku Sedentari

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian RI tahun 2013 menyebutkan, 42% atau hampir separuh proporsi penduduk Indonesia yang usianya di atas 10 tahun punya perilaku sedentari dan 1 dari 4 penduduk Indonesia menerapkan perilaku sedentari ini minimal 6 jam setiap harinya. Penelitian lain dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengungkap gaya hidup sedentari adalah 1 dari 10 penyebab kematian terbanyak di dunia. Beberapa resiko perilaku sedentari di ataranya adalah penyakit kaya jantung koroner, kolesterol tinggi, diabetes, obesitas, hingga stroke.

Sebenarnya, perilaku sedentari yang paling terasa untuk keseharian sih ya rentan terhadap penyakit dan sering sakit kepala. Apalagi kaya kita (((kita))) yang kerjanya duduk manis di depan layar berjam-jam. Hal ini karena kurangnya oksigen yang masuk ke dalam aliran darah karena kurangnya bergerak. Belum lagi ditambah dengan stress pada pekerjaan. Huvt.

Saya punya 7 tips untuk tangkal kolesterol, yaitu:
1. Teratur periksa kolesterol.
2. Awasi asupan dan pola makan.
3. Nikmati hidup tanpa rokok dan alkohol.
4. Giat olahraga dan senam B-FIT.
5. Kendalikan berat badan dan hindari stress.
6. Awasi tekanan darah.
7. Lengkapi dengan Nutrive Benecol 2x sehari.

Setelah acara Tangkal Kolesterol kemarin, saya sudah mulai menyempatkan diri jaga makan sekaligus minum benecol. Gak rutin banget sih karena saya pelupa. Saya minum sekitar semingguan, dan konsumsinya kadang 2 botol kadang 1 botol sehari. Selama konsumsi, rasanya gak terlalu banyak perbedaan sih, dan kebetulan emang masa konsumsinya sendiri pas saya bedrest kecapekan. Setelah dipikir-pikir lagi, sakit kepala yang di area leher saya lumayan berkurang juga. 


Setelah itu saya sempat tes ulang tuh, gak langsung setelah selesai seminggu juga sih, sekitar dua minggu kemudian lah, kira-kira minggu kemarin gitu. Hasilnya, kadar kolesterol saya ternyata turun di angka 148. Yay! Perlu dicatat, ini pake jaga asupan makanan lho. Kalo cuma mengandalkan suplemen aja tapi kamu gak mengubah gaya hidup dan asupan makanan kamu, saya rasa gak akan berpengaruh banyak ya. Tetep, gak ada yang instan di dunia ini lho!

Rasanya Nutrive Benecol ini enak, kaya yogurt cair gitu. Ada beberapa rasa, seperti strawberry, blackcurrant, lychee dan orange. Yang saya cobain sih rasa strawberry dan blackcurrant. Paling enak sih ditaruh kulkas dulu dan diminum dingin ya. Untuk kamu yang punya masalah asam lambung kaya saya, saran saya isi perut dulu sebelum minum ini. Soalnya kadang asam lambung suka bereaksi dengan yogurt atau susu. Saya sih biasanya minum benecol sesudah makan, biar aman di lambung.



Eh, tanggal 25 November 2017 akan ada event gini juga di Lippo Puri lho, infonya bisa dicek di sini. Kalo ada waktu, sempetin dateng deh! Info lengkap dan tips kesehatan lainnya bisa dicek di social media Nutrive benecol di bawah yaa!


Ngomong-ngomong, kamu termasuk pelaku gaya hidup sedentari gak nih?..




Social media Nutrive Benecol:
Website Nutrive Benecol : www.nutrivebenecol.com
Facebook : www.facebook.com/NutriveBenecolIndonesia/
Twitter : @NutriveBenecol
Instagram : @nutrivebenecol_id

No comments:

Post a Comment